ANDROIDLOGI ID

Mengenal Versi - Versi Android dari Awal hingga Saat ini

Mengenal Versi - Versi Android
Gambar oleh google.com
ANDROIDLOGI - Halo Sobat Android, berikut ini kami akan membahas informasi tentang Versi - Versi Android mulai dari awal hingga sekarang. Tak sedikit yang sudah membahas atau membagikan referensi seputar hal yang akan kita bahas ini.
Era modern ini, tak bisa di pungkiri jika hampir semua orang di dunia ini sudah mengenal dan menggunakan Android. Dimana hampir banyak juga penggunanya tidak memahami apa saja sistem dan teknologi yang digunakan di dalam Android.

Misalnya seperti Versi - versi apa saja yang sudah di kembangkan oleh Android. Dalam Artikel berikut ini, kita akan membahas apa saja versi android itu.

Urutan Versi - Versi Android mulai dari Awal hingga Saat ini

Pada pertengahan antara tahun 2007 - 2008, Google dan OHA merilis dua versi Android. Dan mungkin hal ini adalah hal yang baru didengar, dikarenakan Versi Android ini belum diluncurkan secara publik ( Prakomersiil ).

2. Android 1.5 ( Cupcake )

Versi Android pertama yang dirilis resmi untuk Publik. Versi ini di beri nama atau kode sesuai nama makanan manis, yang di ikuti oleh perkembangan versi android selanjutnya.

3. Android 1.6 ( Donut )

Versi android ini dikembangkan karena pada versi sebelumnya, yaitu versi cupcake, masih terdapat bug. Sehingga ditingkatkan ke versi Donut.
Pada versi ini, android menambahkan dukungan untuk layar smartphone yang lebih besar.

4. Android 2.0 & 2.1 ( Eclair )

Dilihat dari Gambar, Versi Android ini sudah sangat usang dan sudah tidak layak digunakan dibandingkan dengan versi android yang ada saat ini.
Sama seperti sebelumnya, Versi Android eclair juga masih terdapat beberapa bug.
Sehingga di tingkatkan lagi ke versi yang lebih tinggi.

5. Android 2.2 ( Froyo )

Generasi ketujuh dari Android yang berbasis open source. Kode Froyo diambil dari salah satu makanan cuci mulut, yaitu Frozen Yogurt.
Dalam hal ini, performa versi android ini meningkat, mulai dari peningkatan prosesor dalam pengolahan multimedia, dan kemampuan grafis terhadap konten 3 Dimensi.

6. Android 2.3 ( Gingerbread )

Belum lama Android versi Froyo di ciptakan, Google terus meningkatkan performa. Pada akhir tahun 2010, Google menciptakan Android 2.3 sekaligus meluncurkan ponser yang mendukus versi android ini, yaitu Google Nexus.

Antarmuka pengguna Gingerbread disempurnakan dengan berbagai cara, sehingga lebih mudah untuk menguasai, lebih cepat untuk digunakan, dan lebih hemat daya. Sebuah skema warna disederhanakan dengan latar belakang hitam memberikan kejelasan dan kontras ke bar pemberitahuan, menu, dan komponen antarmuka pengguna lainnya. Perbaikan dalam menu dan pengaturan mengakibatkan navigasi yang lebih mudah dan kontrol sistem.

7. Android 3.0 & Android 3.2.6 ( Honeycomb )

Pada tahun 2011, Android ini diluncurkan guna bersaing dengan platform asing, yaitu Apple. 
Pada Kasus kali ini, versi ini hanya di rancang untuk perangkat yang memiliki layar yang lebih lebar, seperti tablet.

8. Android 4.0 ( Ice Cream Sandwich )

Dikutip dari Wikipedia, Android 4.0 "Ice Cream Sandwich" adalah versi dari Android mobile operating system yang dikembangkan oles Google. Diluncurkan pada 18 Oktober 2011, Android 4.0 dibuat berdasarkan Android 3.0 "Honeycomb" yang terdapat perubahan signifikan dari rilis ini, dalam upaya membuat sebuah platform yang bisa digunakan di smartphones dan tablets, dengan menyederhanakan dan memodernisasi semua pengalaman menggunakan Android dengan sebuah set baru dari human interface guidelines. sebagai upaya dari hal ini Android 4.0 memperkenalkan tampilan baru yang disebut dengan "Holo", yang dibuat sangat bersih, desain minimalistik, typeface baru bernama Roboto.

Android 4.0 juga memoerkenalkan fitur-fitur baru lain,seperti refreshed home screen, support near-field communication (NFC) dan kemampuan untuk "beam" konten ke user lain menggunakan teknologi, sebuah web browser yang telah diupdate, Manajer kontak dengan integrasi social network, kemampuan mengakses kamera dan kontrol music dari lock screen, support visual voicemail, pengenalan wajah untuk membuka kunci ("Face Unlock"), kemampuan memonitor dan membatasi penggunaan mobile data, and internal improvements lainnya.

9. Android 4.1, Android 4.3, & Android 4.3.1  ( Jelly Bean )

Android ini memiliki pengembangan yang bertahap. Sehingga dengan beberapa kali melakukan percobaan pengguna, versi ini masih memiliki banyak kekurangan, salah satunya Bug.

Android Jelly Bean fokus pada peningkatan antarmuka pengguna platform, bersama dengan pengingkatan pencarian Google, asisten digital baru Google Now, dan peluncuran media player Nexus Q.

10. Android 4.4 ( KitKat )

Diluncurkan pada 3 September 2011, KitKat terutama pada pengoptimalan sistem operasi untuk peningkatan kinerja pada perangkat entry-level dengan sumber daya terbatas.

11. Android 5.0 & Android 5.1 ( Lollipop )

Android 5.0 pertama kali diperkenalkan di bawah codename "Android L" pada 25 Juni 2014 selama presentasi keynote pada konferensi pengembang Google I / O. Di samping Lollipop, presentasi difokuskan pada sejumlah platform Android yang berorientasi dan teknologi baru, termasuk Android TV, pada platform Android Auto, dapat dipakai pada platform komputasi Android Wear, dan platform pelacakan kesehatan Google Fit

Versi Android ini sudah mendukung arsitektur 64-bit yang sudah memungkinan penggunaan RAM di atas 3GB. Salah satunya ASUS Zenfone 2 yang sudah mengusung RAM 4GB saat itu.

12. Android 6.0 ( Marshmallow )

Pada opsi pengembangan versi android ini, sedikit perbaikan pada opt-in izin akses aplikasi, yang sebelumnya aplikasi secara otomatis diberikan semua hak akses mereka ditentukan pada waktu instalasi.
Selain itu, versi ini sudah mendukung pengenalan sidik jari, yang memungkinkan sidik jari untuk membuka perangkat dan autentikasi pembelian Android Pay.

13. Android 7.0 & Android 7.1 ( Nougat )

Sedikit kami bagikan disini, peningkatan Android Nougat ini juga sudah mendukung banyak kelebihan, dan beberapa kelebihannya adalah :
  1. Kemampuan untuk menampilkan Kalibrasi Warna
  2. Kemampuan untuk Layar Zoom
  3. Perbaikan file Browser
  4. Mode Data Saver
  5. Dukungan Gambar dalam Gambar untuk Android TV
  6. Cahaya Malam
  7. Mode VR DayDream
dan masih banyak fitur yang didukung oleh versi Nougat ini, dan seiring meningkatnya kemampuan teknologi, versi baru pun mulai di tingkatkan lagi, guna meningkatkan pengalaman pengguna.

14. Android 8.0 & Android 8.1.0 ( Oreo )

Pengguna mungkin sudah tidak asing dengan versi android ini, dirilis sebagai tinjauan pengembang pada awal tahun 2017,versi ini adalah versi awal yang digunakan oleh beberapa smartphone terkenal seperti, Oppo, Vivo, dan lain sebagainnya.

Sesuai dengan namanya, Versi ini mendukung tampilan yang lumayan manis dan dukungan layar multidisplay, dan fitur - fitur menarik yang banyak dimanfaatkan oleh pengguna.

15. Android 9.0 ( Pie )

Seiring berkembangnya teknologi, pada 6 Agustus 2018, Google merilis versi android utama ke sembilan, fitur pada versi ini masih hampir sama seperti versi sebelumnya, hanya sedikit perbaikan dan sistem screenshot atau bidik layar serta desain ulang pada beberapa fitur.

16. Android Q Beta 

Versi ini masih belum digunakan oleh banyak perangkat, dan masih digunakan dalam beberapa perangkat smartphone lini Google saja,

Untuk versi ini, Akan di perbarui pada masa yang akan mendatang.


Akhir Kata

Di atas, kita sudah membahas informasi tentang " Mengenal Versi - Versi Android dari Awal hingga Saat ini ", dan kemungkinan belum memiliki keterangan yang cukup lengkap.

Jika sobat ingin membaca Artikel selengkapnya mengenai pembahasan ini, kami sudah menyediakan beberapa sumber yang terkait dengan artikel ini.

Referensi :

  1. 16 Urutan Versi Android dari Awal Hingga Android Q Terbaru & Terlengkap 2019
  2. Daftar versi Android - WikiPedia

0 Response to "Mengenal Versi - Versi Android dari Awal hingga Saat ini"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ADVERTISEMENT

DomaiNesia